Bingung Dilarang Mudik Tapi Boleh Berwisata? Sandiaga Uno Beberkan Hal Ini

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 21 April 2021, 12:10 WIB

Menparekraf, Sandiaga  Uno.Bingung Dilarang Mudik Tapi Boleh Berwisata? Sandiaga Uno Beberkan Hal Ini/kemenparekraf.go.id/

FIXINDONESIA.COM - Banyak kalangan menilai bahwa kebijakan pemerintah terkait pelarang mudik membingungkan masyarakat. Pasalnya di saat bersamaan, pemerintah juga membolehkan masyarakat berkunjung ke tempat destinasi wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno  menuturkan, larangan mudik lebaran dilakukan karena belajar dari mudik tahun lalu ada peningkatan kasus infeksi baru mencapai 94% dan liburan natal dan tahun baru meningkat 70%.

“Jangan bingung, mudik tidak diperbolehkan,” ungkap Sandiaga Uno saat konferensi pers virtual, 19 April 2021. 

Baca juga: Cegah Mudik Lebaran, Polri Siapkan 31 Titik Penyekatan dan Dijaga 24 Jam

Ada pun untuk wisata lokal, jelas Sandi, tergantung pada keputusan pemerintah daerah setempat. 

“Kami akan terus berkoordinasi. Kemarin dengan Pak Gubernur Banten kami sudah terhubung. Kami memyampaikan bahwa keputusan akhir adalah di tangan pemerintah setempat dan Satgas setempat. Jika angka penularan Covid-19-nya meningkat, maka keputusan untuk menutup tempat-tempat desinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif ada di tangan pemerintah daerah setempat,” jelasnya. 

Baca juga: TOK! Sudan Batalkan Undang-Undang Boikot Israel

Menurutnya, apabila pemerintah daerah setempat mengizinkan wisata lokal, dari sisi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah memastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat dan disiplin.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Wonderful Indonesia

tags
Artikel Rekomendasi
terkait