Bingung Dengan Cara Menulis Berita Agar Dimuat Media? Simak Tips Berikut Agar Tulisanmu Layak Tayang!

Fahrurrazi Assyar Halim - Kamis, 11 Maret 2021, 6:00 WIB

Kartu PrakerjaKartu Prakerja/FIXINDONESIA.COM/Pixabay/kaboompics

FIXINDONESIA.COM - Menulis adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh hampir semua orang didunia ini, menulis menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki seseorang.

bahkan di ajarkan sejak dini sebelum di ajarkan ilmu-ilmu yang lain, tentunya orang yang pernah mengenyam Pendidikan sekolah dasar pasti memiliki kemampuan untuk menulis.

Selama ini, ada banyak jenis-jenis tulisan, dimulai dari catatan kegiatan, rangkuman pelajaran, daftar belanjaan, curhatan isi hati seseorang, sampai jenis-jenis tulisan yang menarik untuk orang lain baca seperti cerpen, puisi, prosa, lirik lagu bahkan berita.

Secara psikologis, manusia sangat senang apabila tulisan karyanya dimuat dalam media besar dan diapresiasi, dalam hal ini tulisan berita.

Akan tetapi, sering kali seseorang terkendala teknik penulisan dan sifat berita itu sendiri yang menjadi alasan tulisan berita yang kita kirim jarang dimuat oleh media, oleh karena itu, simak tips agar berita kamu layak untuk dimuat media :

Baca juga: Cair Sejak Februari, Simak Kriteria Penerima BLT Dana Desa 2021, Cek di Laman Ini

1. Punya pengaruh yang kuat.

Tulisan yang akan kamu kirim tentunya harus memiliki pengaruh yang besar bagi khalayak umum, artinya isu yang kamu angkat dalam tulisanmu harus berhubungan dengan kepentinan orang banyak. 

Sehingga kamu perlu peka terhadap suatu isu yang memiliki potensi pengaruh yang besar, caranya coba tanyakan ke diri kamu, “apakah informasi ini perlu orang banyak tau gak ya,”.

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot