Bingung Apa Perbedaan PCR, Rapid Test Antigen, dan Rapid Test Antibodi? Simak Penjelasan Ini Agar Paham

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 8 Maret 2021, 20:20 WIB

Bingung Apa Perbedaan PCR, Rapid Test Antigen, dan Rapid Test Antibodi? Simak Penjelasan Ini Agar PahamBingung Apa Perbedaan PCR, Rapid Test Antigen, dan Rapid Test Antibodi? Simak Penjelasan Ini Agar Paham/@kemenkesri

FIXINDONESIA.COM - Jika Anda memiliki gejala Covid-19, seperti demam, batuk, dan sesak napas, maka disarankan untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat.

Namun sebelum Anda pergi ke dokter, alangkah baiknya mengetahui perbedaan PCR, Rapid Test Antigen, dan Rapid Test Antibodi

Seperti diketahui, untuk mendeteksi Covid-19, diperlukan pemeriksaan Polymerase Chain Reactio atau PCR dan rapid test.

Kedua jenis pemeriksaan tersebut, bertujuan untuk menentukan apakah seseorang terinfeksi virus Corona atau tidak.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Makarim Bantah Isu Dihapusnya Formasi Guru pada CPNS 2021, PGRI: Terimakasih

Dilansir dari berbagai sumber kesehatan, Tes PCR adalah jenis pemeriksaan untuk mendeteksi pola genetik (DNA dan RNA) dari suatu sel, kuman, atau virus, termasuk virus Corona (SARS-CoV-2).

Badan Kesehatan Dunia (WHO) hingga saat ini masih merekomendasikan tes ini untuk mendiagnosis Covid-19.

Diketahui, bahwa tingkat akurasi tes PCR cukup tinggi, tetapi hasil pemeriksaan ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga hasilnya keluar, yaitu sekira 1 hingga 7 hari.

Namun Tes PCR umumnya perlu dilakukan pada orang yang mengalami gejala Covid-19, seperti batuk, pilek, demam, terganggunya indra penciuman, serta sesak napas, terlebih jika Anda memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi COVID-19.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot
terkait