Bill Gates Akan Bangun Reaktor Nuklir di Wyoming

Firda Rachmawati - Kamis, 3 Juni 2021, 11:59 WIB

Bill Gates akan bangun reaktor nuklir jenis baruBill Gates akan bangun reaktor nuklir jenis baru/Instagram/@thisisbillgates

FIXINDONESIA.COM - Bill Gates dan Warren Buffet telah memiling Wyoming sebagai lokasi untuk membangun nuklir jenis baru.

Reaktor kecil yang modern berbeda dengan reaktor tradisional. Teknologi ini dianggap oleh beberapa orang sebagai teknologi yang bebas karbon dan dapat melengkapi sumber daya intermiten seperti angin dan matahari karena negara berusaha untuk mengurangi emisi yang menyebabkan perubahan iklim.

"Kami pikir Natrium akan menjadi game-changer untuk industri energi," kata Gates dalam konferensi pers untuk meluncurkan proyek di Cheyenne, Wyoming.

Baca juga: Jadi Polemik, Ini Fakta-fakta Sinetron Suara Hati Istri Zahra

Gubernur Wyoming, Mark Gordon mengatakan, proyek tersebut adalah jalur tercepat dan terjelas untuk menjadikan negatif karbon.

"Tenaga nuklir jelas merupakan bagian dari strategi energi saya di atas," katanya.

Proyek ini memiliki reaktor cepat berpendingin natrium 345 megawatt dengan penyimpanan energi berbasis garam cair yang dapat meningkatkan output daya sistem hingga 500MW selama permintaan daya puncak. TerraPower mengatakan tahun lalu bahwa pabrik akan menelan biaya sekitar $ 1 miliar.

Baca juga: KPID Jabar Minta KPI Pusat Hentikan Sementara Sinetron Suara Hati Istri Zahra

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: The Guardian

tags
Artikel Rekomendasi