Besaran KIP Kuliah hingga Rp12 Juta per Semester, Nadiem Makarim: Mahasiswa Bisa Lebih Merdeka!

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 30 Maret 2021, 9:02 WIB

Meendikbud Nadiem Anwar Makarim pastikan tidak akan menghapus pelajaran agamaBesaran KIP Kuliah hingga Rp12 Juta per Semester, Nadiem Makarim: Mahasiswa Bisa Lebih Merdeka! /Instagram @nadiemmakarim

FIXINDONESIA.COM - Menteri Pendidikan Nadiem Makarim menjelaskan, skema Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah diubah untuk memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang lebih tinggi. 

Perubahan skema itu akan diberlakukan mulai angkatan mahasiswa baru tahun 2021. Skema baru untuk KIP Kuliah ini menjadi kebijakan dalam Merdeka Belajar Episode Kesembilan, yaitu KIP Kuliah Merdeka. 

"Calon mahasiswa diharapkan bisa lebih merdeka dalam memilih program studi (prodi) unggulan yang diinginkan serta memilih daerah yang menjadi lokasi perguruan tinggi pilihannya tanpa ragu karena memikirkan mahalnya biaya pendidikan prodi dan indeks harga daerah," jelas Nadiem. 

Baca juga: Begini Syarat dan Alur Penerimaan BLT KIP Kuliah 2021, Mendikbud Sampaikan Hal Ini

Lebih lanjut Mendikbud Nadiem Makarim mengungkapkan, untuk KIP Kuliah Merdeka di tahun 2021, pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2,5 triliun. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan anggaran tahun 2020, yakni Rp1,3 triliun. 

Pada tahun 2020, biaya pendidikan untuk penerima KIP Kuliah Merdeka disesuaikan dengan prodi yang dipilih dengan rata-rata besaran uang kuliah Rp2,4 juta per semester. Namun mulai tahun 2021, Kemendikbud membuat kategorisasi prodi menjadi tiga kategori berdasarkan akreditasi. 

Baca juga: Hati-Hati, Salah Memilih PTN Berpotensi KIP Kuliah Gugur, Begini Penjelasannya

Berikut ini rinciannya: 

Prodi akreditasi A    : biaya pendidikan diberikan maksimal Rp12 juta per semester.  

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemendikbud

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot
terkait