Berpusat Pada Siswa

Agus Satia Negara - Senin, 10 Mei 2021, 7:44 WIB

Kabid Pengembangan Kurikulum, Disdik Kab. Bandung Barat, Dadang A. SapardanKabid Pengembangan Kurikulum, Disdik Kab. Bandung Barat, Dadang A. Sapardan/Dokumentasi pribadi

FIXINDONESIA.COM - Dalam satu waktu, sempat mengikuti sesi kegiatan diskusi kelompok terpumpun terkait dengan implementasi kurikulum. 

Dalam diskusi tersebut, narasumber yang menjadi pemantik bahan diskusi menyampaikan perihal perlunya pemahaman dan implementasi pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai sentral pembelajaran.

Keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru harus mengarah pada nuansa berpusat pada siswa. Nuansa pembelajaran seperti ini menampilkan pergerakan dan aktivitas siswa sebagai salah satu indikatornya. 

Dalam konteks ini, guru hanya sebatas sebagai fasilitator, pembimbing, dan pengarah yang mendorong keberlangsungan pembelajaran.

Menilik terhadap arah kebijakan pendidikan, penerapan kebijakannya paling sedikit menuju pada dua ranah utama, yaitu ranah peningkatan aksesbilitas dan ranah peningkatan kualitas.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, Leo dan Virgo: Senin 10 Mei 2021

Ranah aksesbilitas mengarah pada upaya fasilitasi terhadap setiap warga usia sekolah agar memiliki kemudahan dalam mengakses pendidikan sesuai usia mereka. 

Dengan demikian, capaian ranah ini merefleksikan peningkatan partisipasi belajar yang biasa dihitung dengan angka partisipasi kasar (APK) dan angka partisipasi murni (APM). Sedangkan ranah kualitas mengarah pada capaian mutu dengan perhitungan indikator tertentu yang ditetapkan atau melalui perbandingan dengan mutu negara lain.

Editor: Agus Satia Negara

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait