Berbagi saat Pandemi, Kencleng Santri Almarhum KH. Lukmanul Hakim Menyantuni Ribuan Warga

Rinda Suherlina - Jumat, 20 Agustus 2021, 18:39 WIB

Setiap 10 Muharam santri Paguron Nurul Golabah (Gentur) rutin mengadakan bakti sosial (baksos) berupa paket bantuanSetiap 10 Muharam santri Paguron Nurul Golabah (Gentur) rutin mengadakan bakti sosial (baksos) berupa paket bantuan/FIXINDONESIA.COM

FIXINDONESIA.COM - Setiap 10 Muharam santri Paguron Nurul Golabah (Gentur) rutin mengadakan bakti sosial (baksos) berupa paket bantuan yang terdiri dari uang tunai beserta sembako yang dibagikan kepada anak yatim, piatu, jompo, dan masyarakat miskin.

Kegiatan bakti sosial tersebut rutin diadakan sejak 1984 guna membantu kehidupan oang-orang terpinggirkan khususnya nasib anak yatim-piatu dan mereka yang kurang beruntung.

Pada tahun ini kegiatan bakti sosial diselenggarakan pada 18-19 Agustus 2021, berbeda dari tahun sebelumnya yang dilangsungkan di satu tempat saja.

Baca juga: Profil Salima Mazari Gubernur Perempuan Afghanistan yang Ditangkap Taliban

Pada tahun ini kegiatan baksos dilangsungkan di tiga tempat yakni Dusun Sangkali Desa Cogreg Kec. Cikatomas, Kab. Tasikmalaya, lalu PKM Al-Afifiyah di Kopo Kel. Cirangrang, Kec. Babakan Ciparay Kota Bandung, dan Ponpes Roudhotul Burhan Desa Pasir Jengkol Kec. Majalaya Kab. Karawang.

Adapun paket bantuan yang dibagikan berjumlah 2100 paket, menariknya dana yang dikumpulkan untuk bantuan tersebut 70% berasal dari kencleng santri selama satu tahun.

Paguron Nurul Golabah merupakan lembaga pendidikan yang didirikan oleh Almarhum KH. Lukmanul Hakim Hasbullah atau A’Uman yang merupakan seorang Kyai yang semasa hidupnya banyak membina generasi muda Nahdlatul Ulama (NU), khususnya di wilayah pesisir selatan Tasikmalaya.

Selepas KH. Lukmanul Hakim wafat pada 15 Syawal 1442 H atau 27 Mei 2021 akibat sakit yang dideritanya, para santri Paguron Nurul Golabah mulai menggali, menelaah dan mengkaji atas apa yang telah diajarkan oleh almarhum sehingga memunculkan tiga ide rumusan inspiratif, yakni persaudaraan abadi 101, tebar kasih menuai berkah, dan hirup, hurip, harep.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi