Benarkah Telur Bisa Tingkatkan Kolesterol? Simak Penjelasannya di Sini

Firda Rachmawati - Jumat, 26 Maret 2021, 14:05 WIB

Ilustrasi telurIlustrasi telur/Pixabay/Steve Buissinne

FIXINDONESIA.COM - Pakar nutrisi setuju bahwa protein dan vitamin dalam telur menjadikannya sebagai pilihan makanan yang sehat. 

Ahli diet Brigitte Zeitlin dan Ryan Maciel mengatakan telur juga kaya nutrisi termasuk biotin (yang membantu Anda mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan). 

Lalu, kolin (mikronutrien penting yang terlibat dalam metabolisme, di antara fungsi lainnya), vitamin A (penting untuk sistem kekebalan tubuh) dan lutein dan zeaxanthin (antioksidan yang membantu lindungi tubuh Anda dari radikal bebas. 

Baca juga: Selain Jadi Bumbu Dapur, Ini 8 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

Akan tetapi, apakah telur bisa meningkatkan kolesterol

Penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang makan sekitar satu butir telur per hari memiliki tingkat risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah, karena telur meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik”, yang dapat membantu melawan penumpukan lemak di pembuluh darah. 

Penelitian lain, yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, juga menemukan bahwa makan satu butir telur sehari bukanlah masalah bagi orang yang berisiko lebih besar mengalami masalah jantung dan kolesterol.

Baca juga: Ini Rincian Biaya yang Harus Dikeluarkan ke KUA, Anda Bisa Menikah Tanpa Dipungut Biaya Apapun

Apa cara tersehat menyantap telur?

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi