Benarkah Minyak Jarak Bagus untuk Rambut? Simak Penjelasannya di Sini

Firda Rachmawati - Rabu, 2 Juni 2021, 14:40 WIB

Manfaat minyak kelapa dari putihkan gigi hingga segarkan nafasIlustrasi minyak jarak/Nir_design/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Berasal dari biji jarak (Ricinus communis), minyak jarak memiliki aplikasi industri sebagai pelumas serta digunakan sebagai aditif dalam kosmetik dan makanan. Hal ini juga digunakan secara medis sebagai pencahar stimulan.

Menurut sebuah studi tahun 2012, minyak jarak mengandung asam risinoleat dalam jumlah tinggi, asam lemak omega-9 sehingga memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi.

Secara umum, ada dua jenis minyak jarak yaitu minyak jarak kuning dan minyak jarak hitam.

Baca juga: 9 K-drama yang Tayang Bulan Juni dan Sayang untuk Dilewatkan

Minyak jarak kuning dibuat dengan pengepresan dingin biji jarak segar. Sedangkan, minyak jarak hitam dibuat dengan memanggang biji jarak dan kemudian menggunakan panas untuk mengekstrak minyaknya.

Meskipun minyak jarak memiliki manfaat seperti minyak peppermint yang memiliki potensi sebagai agen peningkat pertumbuhan rambut, tetapi penelitian tentang ini masih kurang.

Minyak jarak adalah humektan alami (mempertahankan atau mempertahankan kelembapan) yang sering digunakan dalam kosmetik — ditambahkan ke produk seperti losion, riasan, dan pembersih — untuk meningkatkan hidrasi.

Baca juga: Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini 2 Juni 2021: Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Healthline

tags
Artikel Rekomendasi