Benarkah Makan Sebelum Tidur Itu Buruk? Ini Jawabannya

Firyal Nur Fadilah - Jumat, 26 November 2021, 19:30 WIB

Makan Malam Sebelum Tidur Berbahaya? Ini JawabannyaMakan Malam Sebelum Tidur Berbahaya? Ini Jawabannya/Pixabay

FIXINDONESIA.COM- Benarkah Makan Sebelum Tidur Itu Buruk? Ini Jawabannya. Terkadang makan sebelum tidur dianggap buruk untuk kesehatan. Tapi ada juga yang menganggap makan sebelum tidur merupakan hal wajar. 

Dilansir dari the healthy.com, menurut Ahli Diet Mandy Enright banyak informasi yang salah tersebar mengenai waktu makan.  Dampak dari makan sebelum tidur itu bergantung pada berbagai faktor. 

 “Yang benar adalah apa dan berapa banyak yang kamu makan sama dan seringkali lebih penting dari pada kapan kamu makan,” katanya.

Baca juga: Hati- Hati! Hindari 5 Makanan Ini Agar Wajahmu Bebas Dari Jerawat!

Menurut Ahli Gizi Diet di Texas Jennifer Fiske, Banyak yang menganggap makan larut malam merupakan penyebab penambahan berat badan. Selain itu banyak yang menganggap bahwa kolesterol yang meningkat dan kontrol insulin yang buruk merupakan efek dari makan sebelum tidur. 

Terdapat penelitian mengenai pengaruh waktu makan terhadap tubuh manusia. 

“Istilah penelitian baru yang dikenal sebagai chrono-nutrition telah muncul selama lima tahun terakhir. Ini melihat bagaimana waktu makan mempengaruhi berat badan, tekanan darah, gula darah, dan kolesterol,” kata ahli diet, Lisa Andrews, MEd.

Hasil penelitian menyebut makan sebelum tidur merupakan hal yang bisa saja dilakukan. Bahkan bagi sebagian orang merupakan hal yang bagus. Tetapi semua itu tergantung kebiasaan makan siang harimu, apa yang dimakan dan kebutuhan kalori pribadimu. 

Editor: Firyal Nur Fadilah

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi