Benarkah Madu Efektif Obati Pilek? Simak Penjelasannya di Sini

Firda Rachmawati - Minggu, 21 Maret 2021, 15:30 WIB

Bernahkah Madu Efektif Obati Pilek? Simak Penjelasannya di SiniBernahkah Madu Efektif Obati Pilek? Simak Penjelasannya di Sini/Pixabay/Steve Buissinne

FIXINDONESIA.COM - Peneliti dari Oxford University menemukan, madu dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) lebih baik daripada beberapa obat flu dan antibiotik, terutama karena sebagian besar infeksi ini karena virus sehingga tidak dapat diobati oleh antibiotik.

Para peneliti Oxford mengamati 14 studi yang membandingkan penggunaan madu dengan antibiotik; Produk Over the Counter Market (OTC) seperti antihistamin, penekan batuk, ekspektoran (produk yang membantu membersihkan lendir); dan plasebo.

Setelah membandingkan studi dan temuan, para peneliti menemukan, madu memang membantu meredakan gejala lebih baik daripada produk OTC dan antibiotik.

Baca juga: 7 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan, Meningkatkan Kesehatan Jantung hingga Mengobati Anemia

Menurut dua studi, gejala sakit pada orang yang menggunakan madu lebih sedikit daripada yang lain.

“Kami menemukan madu kemungkinan besar memperbaiki gejala ISPA, dengan bukti terkuat dalam konteks frekuensi batuk dan tingkat keparahan batuk. Bukti moderat mendukung penggunaannya daripada perawatan biasa untuk gejala ISPA lainnya, dan sebagian besar bukti berasal dari penelitian pada anak-anak," kata peneliti seperti dikutip dari Medical Daily.

Mereka mengatakan, madu lebih efektif dan tidak terlalu berbahaya dibandingkan perawatan alternatif biasa dan menghindari kerusakan melalui resistensi antimikroba.

Baca juga: 11 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan, Menurunkan Tekanan Darah hingga Resiko Penyakit Jantung

Meskipun demikian, anak-anak di bawah usia 1 tahun sebaiknya tidak mengonsumsi madu karena berisiko terkena botulisme.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Medical Daily

tags
Artikel Rekomendasi