Belum Terdaftar di DTKS Tapi Mau Bansos BLT dari Kemensos? Buruan Daftar dengan Cara Ini!

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 9 Maret 2021, 15:50 WIB

DTKSBelum Terdaftar di DTKS Tapi Mau Bansos BLT dari Kemensos? Buruan Daftar dengan Cara Ini!/Tangkap layar dtks.kemensos.go.id

FIXINDONESIA.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) kembali mencairkan beragam Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat terdampak paceklik pandemi Covid-19. 

Masyarakat yang bisa mendapatkan BLT ini adalah mereka yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

DTKS meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). DTKS memuat 40% penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial terendah di Indonesia.

Baca juga: Segera Kunjungi Laman dtks.kemensos.go.id, Bansos Kemensos Cair Bulan Ini!

Lalu bagaimana jika belum terdaftar dalam DTKS? Simak berikut ini cara daftar DTKS

Cara Daftar DTKS untuk dapatkan BLT dari Kemensos

1. Mendaftarkan diri ke kantor desa/ kelurahan setempat sembari membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

2. Pihak desa/ kelurahan akan melakukan musyawarah untuk membahas apakah kondisi masyarakat yang mendaftar tersebut layak untuk dimasukkan ke dalam DTKS berdasarkan prelist awal dan usulan baru.

3. Musyawarah desa/ kelurahan tersebut akan menghasilkan Berita Acara yang ditandatangani oleh Kepala Desa/ Lurah dan perangkat desa lainnya yang kemudian menjadi prelist akhir.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot
terkait