Belum Pernah Dapat Bansos? Begiini Cara Lapor ke Kemensos Pakai Aplikasi Cek Bansos

Rinda Suherlina - Minggu, 12 September 2021, 22:00 WIB

UangIlustrasi uang bansos/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM - Berikut adalah cara untuk melapor apabila belum pernah mendapatkan bansos  dengan menggunakan aplikasi Cek Bansos.

Bagi masyarakat yang ingin melaporkan bansos tidak tepat sasaran juga bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi Cek Bansos.

Kementerian Sosial melalui Aplikasi Cek Bansos telah mengembangkan menu baru bernama Usul Sanggah.

Aktivasi menu “usul” dan “sanggah” ini merupakan terobosan dari permasalahan data selama ini, yakni adanya orang yang berhak mendapatkan bantuan tapi tidak dapat (exclusion error), dan ada yang tidak berhak tapi mendapatkan bantuan (inclusion error).

Baca juga: Duh Jarang Diketahui, Ternyata Mengalami Hal Ini Tandanya Kamu Kena Gejala Stroke

Dengan adanya Aplikasi Cek Bansos dan menu tambahan usul-sanggah ini, masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam pengawalan bantuan sosial.

Kemudian, untuk mendukung transparansi penerima bantuan agar di setiap kelurahan dipampang data penerima bantuan, misalnya BPNT dan PKH kendati ada item-item komponen yang berbeda untuk anak SD, SMP dan SLTA.

“Juga, kami meluncurkan aplikasi “Usul-Sanggah” dimana masyarakat bisa mengusulkan nama yang berhak menerima bantuan dan juga bisa menyanggah bila ada masyarakat yang sebenarnya tidak berhak,” terang Mensos Risma.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi