Belajar dari Kecelakaan Vanessa, Bahaya Microsleep Saat Menyetir, Tidur Mendadak dalam Hitungan Detik

Rinda Suherlina - Senin, 8 November 2021, 10:00 WIB

Ilustrasi KendaraanIlustrasi Belajar dari Kecelakaan Vanessa, Bahaya Microsleep Saat Menyetir, Tidur Mrndadak dalam Hitungan Detik/Ipan Sopian/Ipan Sopian/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Mengantuk saat menyetir merupakan suatu hal yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Sebagai manusia mengantuk merupakan sifat alamiah dari keterbasan yang kita miliki. Alangkah baiknya ketika mengantuk beristirahat dahulu agar membuat segar Kembali kondisi fisik kemudian melanjutkan Kembali perjalanan.

Tak jarang banyak terjadinya sebuah kecelakaan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh rasa mengantuk, sehingga membuat kendaraan tidak stabil dan membahayakan diri sendiri juga pengendara lainnya yang berada disekitar jalan.

Mengingat rasa mengantuk menjadi penyebab kecelakaan nomor satu, pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja atau yang biasa disapa dr Ade, menegaskan pengendara yang mengantuk harus berhenti dan sempatkan tidur.

Baca juga: Update Info Bansos Kemensos November 2021, Login cekbansos.kemensos.go.id Ada BST Rp600 Ribu

Baca juga: CARA DAFTAR Bansos PKH Tahun 2022 Lewat Pak Lurah, Syaratnya Bawa KTP dan KK!

Bahkan, hal ini boleh ditawar-tawar dengan rokok atau kopi. Sebab meski bikin melek sejenak, rokok dan kopi tanpa tidur tak akan bisa mengembalikan konsentrasi.

"Apa yang harus dilakukan? Berhenti, minggir dulu, tidur dulu. Nggak bisa ditawar, tidur saja dulu. Segala kafein, rokok, itu nggak bikin, ya mungkin bikin melek tapi kewaspadaan dan konsentrasi itu nggak balik. Jadi nomor satu, tidur," jelasnya

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi