Begini Skema Pencairan Bansos PKH 2021, Hanya Anggota Keluarga Ini yang Berhak Dapat

Fahrurrazi Assyar Halim - Selasa, 16 Maret 2021, 21:00 WIB

Perhatikan! Siapkan Dokumen Ini untuk Daftar BLT PKH Tahun 2021Perhatikan! Siapkan Dokumen Ini untuk Daftar BLT PKH Tahun 2021/@kemensosri

FIXINDONESIA.COM – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) sudah cair. Namun anggota keluarga penerima Bansos PKH dibatasi, ternyata ini alasannya.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan pada 2021, pemerintah terus berupaya membantu masyarakat miskin dan rentan miskin agar tetap bertahan dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih berlangsung.

Kemensos merancang tiga program bantuan pada 2021, sebelumnya ketiga program bantuan ini juga sudah disalurkan pemerintah melalui kemensos pada 2020.

Adapun keitiga bantuan yang disalurkan Kemensos pada 2021 diantaranya Bantuan Sosial Tunai (BST), Program keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan pangan non tunai (BPNT).

Bansos PKH menyasar pada ibu hamil, balita, lansia, disabilitas dan siswa sekolah, persyaratan mendapatkan bantuan ini ialah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Baca juga: CATAT! Polrestro Depok Berlakukan Tilang Elektronik Mulai Pekan Depan, Begini Ketentuannya

Bansos PKH akan disalurkan dalam 4 tahap, yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober melalui bank Himbara yang telah ditetapkan pihak Kemensos

BLT ibu hamil dan balita maupun penerima PKH lainnya per keluarga nantinya disalurkan melalui rekening himpunan bank milik negara (Himbara), yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN. Pemerintah membatasi bantuan maksimal empat orang dalam satu keluarga.

Penerima PKH terdiri dari dua komponen yang ada dalam keluarga, pertama, komponen keluarga yaitu ibu hamil, anak usia dini, keluarga, lansia, dan disabilitas. Komponen lainnya adalah bantuan pendidikan keluarga PKH bagi anak usia sekolah SD hingga SMA.

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber: Kemensos

tags
Artikel Rekomendasi