Begini Cara Mendaftarkan Diri pada Laman DTKS Agar Dapatkan Bansos Kemensos

Fahrurrazi Assyar Halim - Senin, 8 Maret 2021, 12:30 WIB

Ilustrasi:  Terdaftar sebagai penerima Bansos 2021 atau tidak? cek segera di aplikasi IniIlustrasi: Terdaftar sebagai penerima Bansos 2021 atau tidak? cek segera di aplikasi Ini/PIXABAY/EmAji

FIXINDONESIA.COM - Salah satu cara untuk mendapatkan Bantuan Sosial Kemensos yaitu dengan mendaftarkan nama supaya masuk DTKS atau data kesejahteraan sosial terpadu. 

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) berupaya terus memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 secara ekonomi.

Kemensos membuat 3 program lanjutan pada Bantuan sosial (Bansos) yang akan disaluran pada 2021, salah satunya ialah Program Keluarga Harapan (PKH).

Keluarga penerima manfaat (KPM) pada program PKH harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

DTKS meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdaan Sosial serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Baca juga: PLN Bagi-Bagi Diskon Token Listrik, Buruan Kunjungi Laman Ini untuk Klaim

 Didalam DTKS tersebut memuat 40% penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial terendah. 

Berdasarkan UU nomor 13 Tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin menjelaskan bahwa program pemberdayaan dan bantuan sosial harus mengacu pada data terpadu yang dikelola Kementerian Sosial, yang sekarang disebut DTKS. Jika sudah terdaftar di DTKS bisa diusulkan untuk mendapat program bantuan sosial dan pemberdayaan pemerintah pusat maupun daerah.

Salah satu Program bantuan sosial seperti Kartu Sembako, PKH, PBIJK, termasuk KIP Kuliah dan sebagainya haruslah berdasarkan pada  DTKS.

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber: Kemensos

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot