Begini Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia, Kunjungi Laman di Bawah Ini

Fahrurrazi Assyar Halim - Jumat, 5 Maret 2021, 13:12 WIB

Illustrasi VaksinasiIllustrasi Vaksinasi/Fahrurrazi/Freepik/Freepik

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah siapkan Vaksin yang segera didistribusikan kepada masyarakat guna mencegah penularan Virus Covid-19, dalam pendistribusiannya, pemerintah membagi masyarakat kepada beberapa golongan.

Lapisan masyarakat yang pertama kali meneima vaksinasi ialah golongan prioritas, seperti Pemerintahan, Tenaga kesehatan, TNI dan Polri serta Wartawan, setelah itu vaksin disebarluaskan kepada masyarakat secara masal.

Adapun tata cara pendaftaran vaksinasi bagi masyarakat kususnya lansia bisa diakses di laman kemenkes.go.id sesuai dengan domisili penerima vaksin.

Mulai pekan kedua Februari 2021, vaksinasi Covid-19 memasuki tahap II untuk kelompok lansia dan petugas pelayanan publik. Vaksinasi untuk 21 jutaan lansia diprioritaskan bagi warga senior ibu kota di 34 provinsi, khususnya di Jawa–Bali.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi, saat ini 7 juta vaksin bagi lansia berumur di atas 60 tahun sudah siap untuk didistribusikan secara proporsional di 34 provinsi. Vaksin buatan PT Biofarma ini 70% dialokasikan di ibu kota provinsi Jawa–Bali. Mengingat banyaknya jumlah lansia di provinsi-provinsi wilayah tersebut. Sampai saat ini Jawa-Bali masih merupakan zona merah penularan SARS COV-2.

Pada pelaksanaannya terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

Baca juga: Daftar Harga HP Realme Murah Maret 2021, Ada Seri 5, Narzo, X hingga C

Peserta dapat mendaftar dengan mengunjungi laman Kementerian Kesehatan yaitu www.kemkes.go.id/ dan situs Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di www.covid-19.go.id/.

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber: Indonesia.go.id

tags
Artikel Rekomendasi