Begini Cara Cek NIK KTP untuk Dapat Cairkan Bansos BPNT Rp200 Ribu Bulan Februari 2021

Fahrurrazi Assyar Halim - Senin, 8 Maret 2021, 5:00 WIB

Program BPNT Rp200 Ribu Disalurkan hingga Desember 2021, Catat Ini Bahan Pangan yang Perlu DibeliProgram BPNT Rp200 Ribu Disalurkan hingga Desember 2021, Catat Ini Bahan Pangan yang Perlu Dibeli/Pixabay/EmAji

FIXINDONESIA.COM – Pemerintah melalui Kementerian sosial (Kemnesos) akan menyalurkan bantuan pada 2021 kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Kemensos berharap dengan diberikannya bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, tidak hanya membantu mereka secara ekonomi namun juga dapat memutar kembali roda ekonomi mikro di tengah pandemi.

Presiden RI Joko Widodo resmi memberikan program bansos kepada masyarakat, bahkan tidak tanggung-tanggung menyediakan tiga program bansos yaitu BLT BPNT, Bantuan Sosial Tunai (BST) dan BLT Program Keluarga Harapan (PKH) pada Senin 4 Januari 2021.

Anggaran yang disediakan pemerintah Indonesia sebesar Rp 45,12 triliun untuk BLT BPNT, dengan capaian penyaluran untuk 18,8 juta penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dilansir dari Antara, Selasa 2 Februari 2021, Joko Widodo berharap dengan adanya BLT BPNT dan bansos lainnya mampu menunjang kebutuhan sadang dan pangan masyarakat kalan menghadapi situasi pandemic. Selain itu program bansos juga termasuk efektifitas dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Telah Dimulai, Simak Syarat Penerima di Bawah Ini

"Kita harapkan bantuan ini dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi COVID-19 dan diharapkan jadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional kita, mengungkit ekonomi nasional dan memperkuat daya beli masyarakat sehingga diharapkan pertumbuhan ekonomi nasional meningkat dan membaik," kata Presiden Jokowi.

Sebagai penerima bansos, masyarakat yang sudah terdaftar sebagai KPM harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera.

Untuk informasi terkait data penerima BLT BPNT di DTKS, masyarakat hanya perlu mengikuti langkah dibawah, seperti berikut :

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terkait