Begini Analisa Epidemiolog Unpad Soal Pembukaan Tempat Wisata saat Pandemi Covid-19

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 18 Mei 2021, 15:10 WIB

Epidemiolog UnpadBegini Analisa Epidemiolog Unpad Soal Pembukaan Tempat Wisata saat Pandemi Covid-19 /Dok. Pribadi

FIXINDONESIA.COM - Epidemiolog Universitas Padjadjaran (Unpad), Budi Sujatmiko mengungkapkan, pembukaan tempat wisata di masa libur lebaran 2021 berpotensi meningkatkan resiko penularan Covid-19. 

Pasalnya, menurut Budi, wabah Covid-19 ini menular melalui udara dan kontak sosial. Baik kontak secara langsung atau tidak langsung.

"Semakin banyak kontak yang dilakukan dan semakin sering berinteraksi dengan banyak orang secara teori akan meingkatkan penyebaran virus Covid-19," ungkap Budi kepada FIXINDONESIA.COM, pada Selasa 18 Mei 2021. 

Baca juga: Objek Wisata Pangandaran Kembali Dibuka, Pengunjung Harus Patuhi Ini

Baca juga: Jadwal Lengkap Seleksi CPNS 2021: Pendaftaran, SKB, hingga Penetapan NIP

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, melihat kondisi saat ini, menutup tempat wisata merupakan pilihan yang tepat lantaran virus varian baru tengah bermunculan yang justru dinilai lebih menular dan mematikan. 

Sehingga, lanjutnya, jika pemerintah tidak dapat mengontrol masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) terutama ketika masa liburan tiba, hal itu akan memungkinkan virus menular secara masif. 

"Jadi sebaiknya tempat wisata di tutup sementara. Sebetulnya dalam konsisi wabah yang terjadi saat ini bukan waktu yang tepat untuk berwisata, mengingat resiko dan konsekuensi yang dapat terjadi dikemudian hari." tambahnya. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait