Beda! Ini Alur Pendaftaran PPPK 2021 Guru Honorer

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 31 Maret 2021, 16:25 WIB

Meendikbud Nadiem Anwar Makarim pastikan tidak akan menghapus pelajaran agamaBeda! Ini Alur Pendaftaran PPPK 2021 Guru Honorer /Instagram @nadiemmakarim

FIXINDONESIA.COM- Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 bisa diikuti oleh para guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan, setidaknya ada lima terobosan mekanisme seleksi guru PPPK yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat.

Pertama, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan formasi terbatas, kuota seleksi PPPK 2021 hanya disediakan  bagi satu juta guru. 

Baca juga: Guru Honorer Wajib Catat, Ini Link dan Syarat Daftar PPPK 2021

“Tahun-tahun sebelumnya, banyak guru-guru honorer kita harus menunggu dan antre untuk membuktikan diri. Di tahun 2021, semua guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru bisa daftar dan mengikuti seleksi,” ujar Mendikbud sebagaimana dilansir FIX INDONESIA dari laman resmi Kemendikbud. 

Kendati demikian, Mendikbud menegaskan tidak akan kompromi soal kualitas pendidik. Artinya, hanya yang lulus seleksilah yang akan menjadi PPPK

Kedua, jika sebelumnya setiap pendaftar hanya diberikan kesempatan satu kali ujian seleksi per tahun, tahun ini setiap pendaftar dapat mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali. 

“Jika gagal pada kesempatan pertama, dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali lagi di tahun yang sama atau tahun berikutnya,” jelas Mendikbud.

Baca juga: Kabar Gembira untuk Guru Honorer! PPPK 2021 Dibuka Mei-Juni, Ini Link Pendaftarannya

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot
terkait