Beberapa Negara di Dunia Masih Menangguhkan Penggunaan Vaksin AstraZeneca

Firda Rachmawati - Selasa, 16 Maret 2021, 13:12 WIB

Ilustrasi Vaksin ShammilIlustrasi Vaksin/Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Beberapa negara telah menangguhkan penggunaan vaksin virus corona AstraZeneca setelah sejumlah penerima vaksin tersebut mengalami pembekuan darah pada hari-hari dan minggu-minggu berikutnya.

Europan Medicines Agency (EMA) membenarkan bahwa satu orang di Austria dirawat di rumah sakit karena adanya penyumbatan di arteri paru-paru dan meninggal 10 hari setelah vaksinasi.

Kematian lain yang disebabkan adanya pembekuan darah juga dilaporkan di Denmark.

Baca juga: Waduh! Rumah dan Kediaman Aa Umbara Digeledah KPK

Jerman telah menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca sebagai tindakan pencegahab dan atas saran dari regulator vaksin nasionalnya, Institut Paul Ehrlich (PEI).

PEI telah menyerukan penyelidikan lebih lanjut terhadap tujuh kasus pembekuan yang dilaporkan di otak orang yang telah divaksinasi.

Indonesia juga telah menyatakan akan menunda pemberian vaksin AstraZeneca karena menunggu tinjauan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga: Hore! Disdik Jabar Bakal Tambah Formasi Guru PPPK 2021, Begini Katanya

Sementara itu, Profesor Stephen Evans dari London School of Hygiene and Tropical Medicine mengatakan laporan terkait efek vaksin merupakan hal yang merugikan karena sulit untuk membedakan efek sebab akibat dari suatu kebetulan.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot