BATAN dan LAPAN Dibubarkan, DPR: Pemerintah Langgar Undang-Undang

Agus Satia Negara - Selasa, 4 Mei 2021, 13:36 WIB

Pemerintah akan bubarkan BATAN dan LAPANPemerintah akan bubarkan BATAN dan LAPAN/Litbang Kemendagri

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah berencana akan membubarkan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) untuk dilebur dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kendati demikian, Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menilai, jika pembubaran tersebut dilakukan, maka pemerintah dianggap melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran dan UU No.22 Tahun 2013 tentang keantariksaan. 

"BATAN dan LAPAN bukan sekedar lembaga penelitian dan pengembangan. Keduanya masing-masing adalah badan pelaksana tugas pokok ketenaganukliran dan badan penyelenggara keantariksaan dan penerbangan. Sehingga jika kedua lembaga ini dibubarkan akan terjadi kekosongan pelaksanaan tugas atas amanat undang-undang," ujarnya dalam keterangan resminya, Senin 3 Mei 2021.

Mulyanto juga mempertanyakan, siapa yang akan menjalankan amanah UU Ketenaganukliran dan Keantariksaan jika BATAN dan LAPAN dibubarkan.

Menurutnya, pemerintah cukup menggabungkan fungsi penelitian dan pengembangan BATAN dan LAPAN ke dalam BRIN.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Angkat Suara Soal Kebijakan 'Mudik Dilarang, Kok Wisata Boleh?'

Sementara, tambah dia, pelaksanaan tugas lainnya tetap berada di BATAN dan LAPAN.

"Ini saja integrasinya belum tentu mudah dan cepat, apalagi kalau yang diintegrasikan bukan sekedar program/kegiatan, tetapi termasuk SDM dan kelembagaan," tuturnya.

Editor: Agus Satia Negara

Sumber: dpr.go.id

tags
Artikel Rekomendasi
terkait