Batal Berangkat Tahun Ini, Begini 7 Cara Tarik Setoran Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji

Siti Resa Mutoharoh - Sabtu, 5 Juni 2021, 17:12 WIB

ibadah hajiBatal Berangkat Tahun Ini, Begini 7 Cara Tarik Setoran Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji/Pixabay/adliwahid

FIXINDONESIA.COM - Calon jamaah haji yang batal berangkat dapat menarik kembali setoran pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang telah dibayarkan. 

Kebijakan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

“Calon jamaah haji batal berangkat tahun ini dan sudah melunasi Bipih, dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan,” ujar Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Sesditjen PHU) Ramadan Harisman, di Jakarta, Jumat 4 Juni 2021 dalam keterangan tertulisnya. 

Baca juga: Pemeran Pengganti Zahra: Hanna Kirana, Gadis 18 Tahun yang Masih Saudara Citra Kirana

Baca juga: Pemeran Pengganti Zahra: Hanna Kirana, Gadis 18 Tahun yang Masih Saudara Citra Kirana

“Meski diambil setoran pelunasannya, jemaah tidak kehilangan statusnya sebagai calon jamaah haji yang akan berangkat pada tahun 1443 H/2022 M,” sambungnya.

Berdasarkan KMA tersebut, ada tujuh tahapan pengembalian setoran pelunasan. 

Pertama, jamaah mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih secara tertulis kepada Kepala Kankemenag Kab/Kota tempat mendaftar haji dengan menyertakan syarat berikut: 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi