Banyak Manfaat yang Bisa Didapat dari Mendaftar KIP Kuliah 2021, Begini Syarat dan Alur Pendaftarannya

Dzimar Hariz Nugraha - Kamis, 4 Maret 2021, 18:02 WIB

KIP KuliahInilah syarat dan alur pendaftaran KIP Kuliah 2021 yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan banyak manfaat./Instagram.com/@puslapdik_dikbud

FIXINDONESIA.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah membuka Pendaftaran Bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2021, cek syarat dan alur pendaftarannya di sini.

Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah akan mendapatkan beragam manfaat jika mendaftar bantuan KIP Kuliah dari Kemdikbud.

Merujuk dari Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2021, manfaat tersebut meliputi pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya kuliah/pendidikan, dan bantuan biaya hidup bulanan.

Kemdikbud mengelola anggaran pendidikan pada 2021 sebesar Rp81,5 triliun dari total Rp550 triliun pagu sektor dana pendidikan di APBN 2021

Pendanaan wajib sebesar Rp31,13 triliun dialokasikan dari jumlah tersebut. 

Baca juga: Kemensos Salurkan BPNT Rp200 Ribu hingga Desember 2021, Simak Penjelasannya di Sini!

Baca juga: Ayo Daftar KIP Kuliah 2021 untuk Dapatkan Bantuan Rp700 Ribu dari Kemdikbud, Simak di Sini!

Pendanaan wajib tersebut salah satunya adalah penyaluran KIP Kuliah termasuk beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) yang menyasar 1.102 juta mahasiswa.

Sebelumnya, Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah jaminan negara kepada para siswa/mahasiswa yang memenuhi syarat ekonomi dan akademik untuk melangsungkan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup bulanan.

Editor: Dzimar Hariz Nugraha

Sumber: Indonesia.go.id

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot