Bansos UMKM Rp1,2 Juta Tahap 2 Cair ke 1,5 Juta Orang hingga 31 Juli, Ini 6 Kelompok yang Bakal Ditranfer Kemenkop UMKM

Siti Resa Mutoharoh - Sabtu, 31 Juli 2021, 22:20 WIB

Ilustrasi UMKM(Shammil)Ilustrasi Bansos UMKM Rp1,2 Juta Tahap 2 Cair ke 1,5 Juta Orang hingga 31 Juli, Ini 6 Kelompok yang Bakal Ditranfer Kemenkop UMKM/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Bansos UMKM Rp1,2 juta tahap 2 cair ke 1,5 juta orang hingga 31 Juli 2021, berikut ini kelompok yang akan ditransfer oleh Kemenkop UKM. 

Rencana penyaluran Bansos UMKM tahap 2 akan dibagi dalam tiga waktu yakni sampai akhir Juli 2021 sebanyak 1,5 juta pelaku usaha mikro, Agustus sebanyak 1 juta pelaku usaha mikro, dan September 500.000 pelaku usaha mikro.

“Secara total akan disalurkan kepada 3 juta pelaku usaha mikro yang beberapa di antaranya masih dalam proses migrasi dan cleansing jadi jumlahnya keseluruhan Rp3,6 triliun,” kata Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki.

Baca juga: Mudah! Begini Cara Daftar Program Kredit Mesra Bank BJB yang Disarankan DPRD Jabar untuk Bantu Pelaku UMKM

Baca juga: Segera Ambil HP dan Cek Nama Anda di DTKS Pakai Nama di KTP untuk Dapatkan Bansos BST Rp600 Ribu

Adapun Bansos UMKM diberikan kepada pelaku usaha mikro agar tetap dapat menjalankan usahanya di tengah pandemi Covid-19 dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program tersebut diberikan kepada pelaku usaha mikro yang tidak sedang menjadi nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dikatakan Teten, para pelaku usaha mikro terlebih dahulu harus diusulkan oleh Dinas Kabupaten/Kota melalui provinsi dan harus memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan NIB/surat keterangan usaha (SKU) dari kepala desa/lurah. Kemudian, dana Bansos UMKM Rp1,2 juta akan disalurkan melalui BNI, BRI, dan BPD.

Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM (Permenkop UKM) No.2/2021 tentang Pedoman Umum Penyaluran BPUM, kelompok yang akan menerima Bansos UMKM Rp1,2 juta tahun 2021 yakni: 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi