Bansos BPNT Bulan September Gak Cair-cair? Ternyata Gegara Ini Bund, Mensos Risma Sampai Kesal

Rinda Suherlina - Rabu, 24 November 2021, 9:36 WIB

Bansos BPNT Bulan September Gak Cair-cair? Ternyata Gegara Ini Bund, Mensos Risma Sampai KesalBansos BPNT Bulan September Gak Cair-cair? Ternyata Gegara Ini Bund, Mensos Risma Sampai Kesal/Kemensos

FIXINDONESIA.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan keterlambatan penyaluran bansos kebanyakan dari jenis Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako.

Salah satunya dialami di wilayah Kota Nganjuk. Hal itu diketahui saat Risma melakukan monitoring dan pemadanan data bantuan sosial. Mensos menyoroti masih tingginya jumlah kartu yang belum terdistribusi. 

Sementara untuk Program Keluarga Harapan (PKH), relatif lancar. Karena, penyaluran PKH menggunakan skema transfer langsung ke rekening KPM dan dicairkan secara tunai.  

"BPNT ini kan ada peran e-warong. Jadi tidak selancar PKH. Kami ada mekanisme yang sedang diujicobakan sehingga nanti bisa mengontrol penggunaan bantuan di BPNT," kata Mensos di Kabupaten Nganjuk 21 November 2021.

Baca juga: Bakal PPKM Seluruh Indonesia, Cek Daftar Bansos yang Masih Diperpanjang, Bantuan PKH hingga BPNT Rp200 Ribu

Baca juga: Daftar Bansos Cukup Pakai KTP, Ayo Serbu Bansos Cair Bulan November Ini!

Dari data yang tersedia, untuk BPNT/Kartu Sembako, terlihat bahwa pada bulan September sebanyak 3.582 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) belum terdistribusi.

Kemudian pada bulan Oktober sebanyak 3.579 KKS belum terdistribusi. Sehingga total terdapat 7.161 KKS yang belum terdistribusi di Kabupaten Nganjuk.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi