Bangun Rumah Sakit Baru Khusus Pasien Covid-19, Puan Maharani: Harus Ada Terobosan

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 9 Juli 2021, 10:06 WIB

rumah sakitIlustrasi: Bangun Rumah Sakit Baru Khusus Pasien Covid-19, Puan Maharani: Harus Ada Terobosan/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah Kota Surabaya akan membangun ruang perawatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Lapangan Tembak Kedung Cowek, di Surabaya, Jawa Timur. 

"Harus ada terobosan untuk menangani kondisi darurat ini. Kita pasti bisa, dan harus bisa melalui masa sulit ini bersama-sama,” kata Puan, saat meninjau pembangunan Rumah Sakit itu. 

Sebelumnya, Puan menyatakan bahwa pemerintah harus melakukan langkah konkret pada masa darurat Covid-19 ini. Menurut Puan, perlu ada terobosan-terobosan untuk memastikan masyarakat yang terpapar virus corona mendapat perawatan memadai.

Baca juga: Contoh Naskah Khutbah Jumat: Pelajaran di Balik Protokol Kesehatan Saat Pandemi Covid-19

Baca juga: Puluhan Warga di Jateng Kompak Positif Covid-19 Usai Gelar Hajatan, Ganjar Segera Lakukan Ini

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu menuturkan, dalam situasi darurat seperti saat ini, dapat dipertimbangkan menambah kapasitas rumah sakit dengan cara mengaktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut atau KRI DR Suharso dan kapal-kapal Pelni yang dapat dimodifikasi menjadi kapal rumah sakit.

Berdasarkan monitoring dan pengawasan, kata Puan, penanganan pandemi Covid-19 di hulu memiliki sejumlah catatan yang perlu segera diperbaiki dan diantisipasi. 

Salah satunya yakni ketersediaan ruang perawatan pasien, ketersediaan oksigen dan obat-obatan, tenaga dan alat kesehatan, pelaksanaan PPKM Darurat, penegakan aturan yang tegas, terukur, tanpa pandang bulu perkuat komunikasi publik dan sosialisasi sehingga masyarakat paham akan bahaya virus Corona dan penanganannya.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Parlementaria

tags
Artikel Rekomendasi