Bahaya Pangku Anak di Mobil! Belajar Dari Kecelakaan Vanessa Angel, Netizen: Harus Aware!

Rinda Suherlina | Kintan Nurul Wahilda - Senin, 8 November 2021, 10:47 WIB

Bahaya Pangku Anak di Mobil! Belajar Dari Kecelakaan Vanessa AngelBahaya Pangku Anak di Mobil! Belajar Dari Kecelakaan Vanessa Angel/Tiktok @Qonitcah

FIXINDONESIA.COM- Memangku anak di mobil berbahaya karena beresiko fatal apabila terjadi kecelakaan, hal ini bisa dipelajari dari kecelakaan Vanessa Angel.

Seorang Edukator Kesehatan, Qonitcah melalui akun Tiktoknya memberikan peringatan mengenai bahaya memangku anak di mobil. Hal tersebut ia sampaikan berhubungan dengan peristiwa kecelakaan Vanessa Angel hingga meninggal dunia.

Qonitcha mengungkapkan betapa bahayanya memangku anak dimobil seperti peristiwa kecelakaan Vanessa Angel pada 4 November 2021 yang lalu. Diketahui bahwa anak  Vanessa Angel, Gala tidak menggunakan car seat saat menumpangi mobil.

Baca juga: INNALILLAHI Mobil Vanessa Angel Kecelakaan Parah, Dua Orang Meninggal Dunia

Baca jugaMobil Vanessa Angel Diduga Alami Kecelakaan, Ada yang Meninggal

“Dari Gala kita bisa belajar kalo mangku anak di mobil itu bahaya banget,” tegas Qonitcah melalui akun Tiktoknya, dikutip 8 November 2021

Kemudian ia memberikan alasan mengapa memangku anak di mobil itu sangat berbahaya, ia pun menganjurkan agar anak menggunakan Car Seat saat diajak berkendara.

“Anak itu harus duduk sendiri tapi pakai car seat, selain membuat anak nyaman tapi car-seat mengurangi resiko cedera parah dan juga menghindari resiko kelempar keluar mobil saat kecelakaan,” ujar Qonitcah.

Selanjutnya ia memberitahukan kriteria umur anak yang menggunakan Car Seat hingga menjelaskan cara menggunakannya.

“Cara pakainya itu disesuain sama umur anak. Umur 0-4tahun, car seat itu ditaro di jok tengah dengan madep ke belakang dan car seat baru boleh ngadep depan pas umur 5 tahunan,” kata Edukator Kesehatan Qonitcha

Baca jugaKerabat Minta Stop Sebar Foto Video Soal Kecelakaan Vanessa Angel Meninggal! Onad: Gak Punya Etika!

Lalu ia menjelaskan pertanyaan perihal mengapa anak umur 0-4 tahun yang menggunakan car seat harus menghadap kebelakang yang membuat orang tua tidak bisa melihat anaknya.

“harus ngadep kebelakang karena kalo misalnya ngadep ke depan akan ada risiko yang menyebabkan cedera di bagian badan anak kalian,” tegasnya.

Adapun beragam komentar netizen pada unggahan video di tiktok akun @Qonitcha itu yang mendukung penggunaan Car Seat itu penting pada anak saat diajak berkendara.

Netizen pun tak menampik bahwa di Indonesia sendiri sangat jarang adanya penggunaan Car Seat pada anak untuk itu diperlukan edukasi.

Baca jugaSelamat dari Kecelakaan, Begini Kondisi Terkini Anak Vanessa Angel

“bener banget nih, aku sering liat di video orang luar anak kecil suak ditaro di car seat. sdngkn di indo masih banyak yg blmpake, perlu edukasi lebih,” ujar akun tiktok ana steele

Netizen berharap agar pemerintah waspada dan memberikan regulasi penggunaan Car Seat kepada anak yang akan diajak berkendara.

“padahal di luar negri setiap org beli mobil wajib plus asuransi n dikasih carseat, kena tilang klo anak ga duduk di carseat. smoga pemerintah aware,” ujar akun Tiktok @gitsgit.***

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi