BAHAYA! Main Ponsel Menjelang Tidur Menyebabkan Obesitas

Siti Resa Mutoharoh | Nadzim Asy'ari - Senin, 29 Maret 2021, 11:42 WIB

Daftar Harga HP Realme Murah Maret 2021, Ada Seri 5, Narzo, X hingga CBAHAYA! Main Ponsel Menjelang Tidur Menyebabkan Obesitas/FIXNDONESIA.COM/PIXABAY/amar-rockz

FIXINDONESIA.COM - Sebuah penelitian mengemukakan cahaya biru dari TV atau perangkat smartphone dapat menyebabkan obesitas atau penambahan berat badan. Terutama terhadap wanita.

Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal JAMA Internal Medicine telah mengamati gaya hidup 44 ribu wanita di Amerika Serikat (AS).

Hasilnya, mereka yang menyalakan perangkat smartphone berpeluang lebih tinggi menambah berat badan atau obesitas selama enam tahun ke depan.

Baca juga: Terungkap! Minyak Kelapa Sawit Asal Indonesia Bakal Diterima di Pasar Eropa karena Ada RUU Ini

Dari 44 peserta yang terpapar cahaya biru sebelum tidur bertambah lima kilogram selama enam tahun diban dengan mereka yang tidak terkena cahaya tersebut.

"Secara evolusioner kita seharusnya tidur di malam hari, di tempat yang gelap. Ini jauh lebih penting daripada yang disadari orang karena berbagai macam alasan kesehatan," jelas penulis utama Dale Sandler, seorang ilmuwan dari Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan seperti dilansir laman The Ladder.

Baca juga: Ternyata Berbahaya! Simak 9 Tanda Anda Terlalu Banyak Minum Air

Perlu diketahui, penelitian yang dilakukan oleh JAMA Internal Medicine hanya menemukan hubungan antara penambahan berat badan dan cahaya biru.

Meskipun banyak penelitian telah menguraikan efek negatif cahaya biru dan kesehatan otak secara umum, ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa dampak cahaya biru tidak terlalu buruk.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi