Bahas Soal Migrasi Siaran TV Digital, Dekan Fikom Unpad: Jangan Sampai Memberatkan TV Lokal di Daerah

Firda Rachmawati - Selasa, 25 Mei 2021, 17:33 WIB

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Dadang Rahmat HidayatDekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Dadang Rahmat Hidayat/fikom.unpad.ac.id

FIXINDONESIA.COM - Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dadang Rahmat Hidayat mengatakan migrasi siaran TV dari analog ke digital diperlukan kebijakan bagi lembaga penyiaran.

"Perlu adanya kebijakan bagi lembaga penyiaran yang sudah berizin hingga 2028," ujar Dadang dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan KPID Jabar bekerjasama dengan FIKOM UNPAD, Selasa 25 Mei 2021 dengan tema 'Menimbang Persiapan Analog Switch Off (ASO) di Jawa Barat'.

Dadang menuturkan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat perlu memetakan kesiapan masyarakat dalam migrasi siaran TV digital ini.

Baca juga: Wisata Gunung Puntang Gelar Vaksinasi, Anji Hadir dan Ikut Divaksin

"KPID perlu memetakan kesiapan masyarakat untuk masuk ke sistem penyiaran digital juga menemukan model bisnis yang ideal bagi televisi," kata Dadang.

Lebih lanjut, Dadang mengungkapkan KPID dan pemerintah harus merumuskan pentarifan sewa mux agar tak memberatkan masyarakat.

"Perlu dirumuskan oleh KPID dan pemerintah tentang pentarifan sewa mux yang berkeadilan bagi TV-TV lokal. Jangan sampai memberatkan TV-TV lokal di daerah," ungkap Dadang yang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi penyiaran Indonesia Pusat.

Baca juga: Ketua KPID Jabar: Migrasi TV Digital Bisa Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi