Bagaimana Hukum Menyembelih Hewan Kurban Tanpa Melaksanakan Sholat Idul Adha Karena PPKM Darurat? Ini Penjelasannya

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 16 Juli 2021, 20:16 WIB

SapiBagaimana Hukum Menyembelih Hewan Kurban Tanpa Melaksanakan Sholat Idul Adha Karena PPKM Darurat? Ini Penjelasannya/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Bagaimana hukum menyembelih hewan kuran tanpa melaksanakan sholat Idul Adha karena PPKM Darurat? Simak penjelasan berikut ini. 

Penyembelihan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1442 H tetap dapat berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan dengan prokes yang ketat baik di rumah pemotongan hewan (rph) maupun di area yang memungkinkan tanpa kerumunan.

Awal waktu penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1442 H yang bertepatan dengan 20 Juli 2021 M berlangsung mulai naiknya matahari setelah sekira orang telah melaksanakan sholat dua rakaat dan khotbah singkat Idul Adha sebagaimana keterangan pada Kitab Kifayatul Akhyar berikut ini:

 وحجة اعتبار مضي قدر الصلاة والخطبتين قوله صلى الله عليه وسلم مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَإِنَّمَا يَذْبَحُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلَاةِ وَالخُطْبَتَيْنِ فَقَدْ أَتَمَّ نُسُكَهُ وَأَصَابَ سُنَّةَ المُسْلِمِيْنَ رواه الشيخان

“Argumentasi pertimbangan berlalunya waktu sekira durasi pelaksanaan shalat dan dua khotbah adalah hadits Nabi Muhammad SAW, ‘Siapa saja yang menyembelih sebelum shalat sesungguhnya menyembelih untuk dirinya. Tetapi siapa saja yang menyembelih setelah shalat dan dua khotbah, maka ia telah menyempurnakan ibadahnya dan mendapat sunnah umat Islam,’ (HR Bukhari dan Muslim).”

Baca juga: Gais, Ini Loh Kendaraan yang Boleh Melintas di Tol Japek Saat Idul Adha 2021

Baca juga: Ini 3 Pasal yang Diajukan Pemerintah Diubah dalam RUU Otsus Papua

Lalu bagaimana dengan status penyembelihan hewan kurban sementara shalat Idul Adha 1442 H yang bertepatan dengan 20 Juli 2021 M ditiadakan di masjid? 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: NU Online

tags
Artikel Rekomendasi