Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami? Simak Penjelasan Ini Agar

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 10 Maret 2021, 19:20 WIB

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami? Simak Penjelasan Ini AgarBagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami? Simak Penjelasan Ini Agar/Pixabay/Shutterbug75

FIXINDONESIA.COM- Mengonsumsi lemak yang tepat seperti telur dan biji chia, ternyata bisa membantu menurunkan kolesterol secara alami. Pasalnya, asam lemak tersebut mampu menurunkan jumlah trigliserida dalam darah dan mengurangi kolesterol

Seperti diketahui, ketika tubuh Anda memiliki kelebihan kolesterol, kolesterol akan disimpan di dinding bagian dalam pembuluh darah. Nantinya, secara bertahap mengurangi ruang di mana darah bisa lewat, mengakibatkan pengerasan dan pengerasan pembuluh darah, Menyebabkan peningkatan tekanan darah, salah satu alasan utama serangan jantung. 

Bahkan, jika tubuh Anda kelebihan kolestrol akan mengakibatkan juga aliran darah terbatas ke jantung dan organ lain. 

Selain mengonsumsi lemak yang tepat seperti telur, berikut ini cara menurunkan kolesterol secara alami dilansir dari berbagai laman kesehatan:

Baca juga: Manfaat Teh Dandelion untuk Kesehatan, Salah Satunya Memberi Efek Anti-Diabetes

PERTAMA, memakan makanan yang kaya serat seperti kacang polong dan oat bisa membantu Anda dalam proses menurunkan kolestrol. 

Penelitian telah menemukan bahwa peningkatan konsumsi serat larut, seperti yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran (5 hingga 10 gram sehari) dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol dalam darah sebesar 5 persen. 

Menambahkan 5 sampai 10 gram serat dalam makanan Anda bisa dengan mengonsumsi buah atau sayur sehari. Namun jangan lupa, sertakan makanan seperti kacang-kacangan, kacang polong dan miju-miju, buah-buahan, gandum dan biji-bijian ke dalam makanan Anda untuk kadar kolesterol yang sehat. 

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat serat larut adalah dengan sarapan oatmeal. Satu cangkir oatmeal atau dedak memiliki sekitar 2 gram serat larut dan total 4 gram serat, yang berubah menjadi gel di dalam tubuh. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi

terkait