Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Nikah Digital Kemenag? Ini Link Pendaftarannya

Rinda Suherlina - Kamis, 26 Agustus 2021, 7:57 WIB

Tampilam kartu nikah digital asli dari KemenagTampilam kartu nikah digital asli dari Kemenag/Kemenag

FIXINDONESIA.COM - Bagaimana cara mendapatkankartu nikah digital dari Kementerian Agama atau Kemenag?

Berikut adalah cara agar para pengantin yang sudah sah melangsungkan pernikahan bisa mendapatkan kartu nikah digital dari Kemenag.

Cara mendapatkan kartu nikah digital cukup mudah.

Pasangan calon pengantin mengisi formulir pendaftaran nikah melalui Simkah Web di https://simkah.kemenag.go.id/ atau klik SimkahWeb.

Pasangan calon pengatin harus mengisi data-data dengan lengkap, termasuk nomor telepon, dan alamat email yang masih aktif.

Baca juga: Berapa UMK Kabupaten Indramayu Tahun 2021? Berikut Daftar Lengkapnya

Setelah pasangan pengantin melaksanakan akad nikah, kartu nikah digital akan dikirim melalui email dan nomor WhatsApp yang telah didaftarkan melalui Simkah Web (sementara masih melalui email) dalam bentuk tautan atau ‘link’.

“Kartu nikah bukan pengganti buku nikah, sehingga pasangan pengantin tetap akan menerima buku nikah fisik. Sementara kartu nikah akan diberikan secara digital melalui nomor WhatsApp maupun email yang didaftarkan. Tetapi bagi pasangan pengantin yang menghendaki kartu nikah fisik, bisa mengajukan permohonan kepada Kepala KUA selama persediaan kartu nikah di KUA tersebut masih ada,” kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi