Azis Syamsuddin Minta agar Kemnaker Aktif Awasi Pelaksanaan Pembayaran THR

Firda Rachmawati - Selasa, 13 April 2021, 21:40 WIB

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin meninjau langsung lokasi bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 1 April 2021.Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin ./Instagram.com/@golkar_sulsel

FIXINDONESIA.COM - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta agar Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) aktif mengawasi pelaksanaan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

"Kemnaker dan Disnaker harus membentuk call center pengaduan pembayaran THR sebagai sarana informasi dan pelaporan pelaksanaan pembayaran THR. Pengusaha yang tidak mampu membayar THR melakukan dialog dengan para pekerja dengan membuat kesepakatan secara tertulis mengenai waktu pembayaran dengan syarat pembayaran dilakukan sebelum hari raya lebaran tahun berikutnya," tutur Azis dalam keterangan persnya, Selasa 13 April 2021.

Baca juga: Ini Dampak Munculnya Bibit Siklon Tropis 94W Bagi Indonesia

Baca juga: Waspada! Banjir Menghadang, Ini Langkah Siaga yang Bisa Dilakukan

Azis juga mengatakan, Kemnaker perlu memastikan perusahaan dalam membayar THR kepada pekerja tepat waktu dan sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Lebih lanjut, Legislator Fraksi Partai Golkar itu meminta Kemenaker dan Disnaker untuk aktif melakukan dialog dan mediasi antara pekerja/buruh dengan perusahaan yang tidak mampu memberikan THR

Azis menekankan agar Kemenaker dan Disnaker sigap menindak tegas perusahaan yang melanggar kewajiban pembayaran THR, guna meminimalisir adanya perusahaan yang mampu membayar namun memanfaatkan celah untuk tidak membayar THR kepada pekerjanya.

Baca juga: Menaker: THR Wajib Dibayar Penuh dan Tepat Waktu

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi