ASTAGA! Vaksin Sinovac Kadaluarsa 25 Maret 2021? Kemenkes Ungkap Hal Ini

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 15 Maret 2021, 8:26 WIB

Ilustrasi Vaksin ShammilIlustrasi ASTAGA! Vaksin Sinovac Kadaluarsa 25 Maret 2021? Ini Penjelasannya /Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Belum lama ini beredar kabar di masyarakat bahwa vaksin Sinovac akan memasuki kadaluarsa (kedaluwarsa) pada 25 Maret 2021 mendatang. 

Menanggapi hal itu, juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, vaksin yang dikabarkan kedaluwarsa itu merupakan vaksin jadi atau fial Coronavac

Vaksin Covid-19 tersebut adalah yang dikembangkan oleh Sinovac, yang beredar pada tahap pertama.

“Mengenai vaksin Sinovac, vaksin yang akan kedaluwarsa ini adalah vaksin Coronavac (merek vaksin yang diproduksi Sinovac) yang berbentuk botol kecil atau fial yang berisi satu dosis," jelasnya, pada Minggu 14 Maret 2021. 

Baca juga: Terungkap! Ternyata Ini Alasan DPR RI Desak Kemenkes dan BPOM Soal Vaksin Nusantara

Lebih lanjut Nadia mengatakan, vaksin fial Coronavac itu berbeda dengan vaksin yang sedang beredar atau disuntikkan untuk pelayanan publik serta kelompok lanjut usia di atas 60 tahun.

Menurutnya, vaksin fial Coronavac dikemas menggunakan botol besar berisi sepuluh dosis 

“Saat ini menggunakan kemasan botol besar atau vial yang berisikan 10 dosis atau dapat diberikan kepada 10 orang sasaran vaksinasi,” jelasnya. 

Di samping itu, Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari PT Bio Farma Bambang Heriyanto menuturkan, vaksin Sinovac batch 1 akan kedaluwarsa pada 25 Maret 2021.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi

terkait