ASTAGA! Orang Ini Bakal Gagal Lolos Seleksi PPPK 2021 Guru Honorer, Apakah Anda Salah Satunya? Cek di Sini

Siti Resa Mutoharoh - Sabtu, 13 Maret 2021, 14:20 WIB

Ilustrasi: 6 Kementerian yang membuka formasi CPNS 2021 lulusan SMAIlustrasi: Orang Ini Bakal Gagal Lolos Seleksi PPPK 2021, Apakah Anda Salah Satunya? Cek di Sini /Humas Kabupaten Bandung

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah telah mengatur persyaratan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 bagi guru honorer yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana akan membuka pendaftaran seleksi guru PPPK pada tahun 2021. Rencananya, terdapat 1 juta kuota yang disiapkan Kemdikbud untuk mengisi kebutuhan guru yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

Selain itu, pendaftaran PPPK 2021 juga bertujuan untuk menyediakan kesempatan adil untuk para guru honorer yang berkompten agar mendapatkan penghasilan layak.

Baca juga: Wajib Dicatat! Ini Materi dan Kelompok UTBK SBMPTN 2021

“Rencana seleksi ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta didik adalah melalui peningkatan ketersediaan guru ASN dengan melakukan seleksi guru PPPK,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, sebagaimana dilansir FIXINDONESIA.COM dari laman resmi Kemendikbud. 

Sebelum mengikuti seleksi PPPK 2021, berikut ini syarat berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK: 

1. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Pemerintah Akan Membuka 1,3 Juta Kuota pada Formasi PPPK dan CPNS 2021, Ini Rinciannya!

2. Tidak pernah dipidana penjara dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot
terkait