Astaga, Keseringan Makan Telur Bahaya Bagi Jantung? Cek Faktanya di Sini

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 27 Agustus 2021, 22:00 WIB

Astaga, Keseringan Makan Telur Bahaya Bagi Jantung? Cek Faktanya di SiniAstaga, Keseringan Makan Telur Bahaya Bagi Jantung? Cek Faktanya di Sini/PIXABAY

FIXINDONESIA.CIM - Telur menjadi salah satu kandidat dalam makanan sempurna. Selain sehat, telur juga mudah didapat, dimasak, harganya terjangkau dan tentunya kaya protein.

"Telur memiliki semua "hal" yang tepat untuk pertumbuhan suatu organisme, jadi jelas telur sangat padat nutrisi," kata Christopher Blesso, profesor ilmu gizi di University of Connecticut di AS.

Mengonsumsi telur bersama makanan lain dapat membantu tubuh kita menyerap lebih banyak vitamin juga. Sebagai contoh, sebuah penelitian menemukan bahwa menambahkan telur ke salad dapat meningkatkan asupan vitamin E yang kita dapatkan dari salad.

Baca juga: Tersandung Kasus Narkoba: 4 Fakta Nia Ramadhani yang Bikin Melongo, Tak Bisa Kupas Salak dan Takut Masak Telur

Baca juga: Empat Alasan Telur dan Yogurt Adalah Sarapan Terbaik

Tetapi selama beberapa dekade, memakan telur juga menjadi kontroversial karena kandungan kolesterolnya yang tinggi - di mana sejumlah penelitian telah mengaitkannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Satu kuning telur mengandung sekitar 185 miligram kolesterol, yang lebih dari setengah asupan kolesterol harian yang direkomendasikan pedoman diet AS, yaitu sebesar 300mg.

Apakah itu artinya sering makan telur bisa membahayakan kita?

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemenkes

tags
Artikel Rekomendasi