ASTAGA! Hindari Penggunaan Pasta Gigi untuk Menghilangkan Jerawat, Ini Akibatnya

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 11 Maret 2021, 20:20 WIB

ASTAGA! Hindari Penggunaan Pasta Gigi untuk Menghilangkan Jerawat, Ini AkibatnyaASTAGA! Hindari Penggunaan Pasta Gigi untuk Menghilangkan Jerawat, Ini Akibatnya/Pixabay/Bru-nO

FIXINDONESIA.COM - Banyak dari para pejuang jerawat alias acne fighter kerap kali menanyakan, apakah benar pasta gigi bisa menghilangkan jerawat? Simak artikel ini hingga akhir agar wajah Anda tidak semakin rusak. 

Dr Sunirmal Sharkar dari sebuah klinik kecantikan Sönd Skin menjelaskan, sebagian besar pasta gigi generik mengandung bahan-bahan seperti soda kue, hidrogen peroksida, alkohol, mentol, dan kalsium karbonat, yang akan mengiritasi kulit dan bahkan mungkin membakarnya, bergantung pada berapa lama Anda membiarkan pasta gigi tetap ada di area berjerawat.

Meskipun pasta gigi akan membantu mengeringkan jerawat, lanjut Dr Sunirmal Sharkar, pasta gigi juga ternyata dapat membuat Anda mengalami kulit kering, iritasi, bersisik, dan mengelupas. Sehingga, Anda harus menghindari pasta gigi sebagai cara untuk menghilangkan jerawata. 

Baca juga: Sikapi Sarpras Disdamkar Masih Kurang, Sekda Kabupaten Bandung: Ada Peristiwa di Pelosok Biasanya Terlambat

Seperti dilansir dari laman Popsugar, mengobati jerawat tidaklah mudah dan apa yang berhasil untuk beberapa orang belum tentu berhasil untuk Anda. Karena itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah munculnya jerawat baru. 

Caranya seperti mengurangi konsumsi produk susu, pembersihan ganda (double cleanse), minum lebih banyak air, dan sering mencuci sarung bantal. 

Dr. Sharkar juga merekomendasikan penggunaan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat(yang dapat mengurangi kemerahan dan mempercepat penyembuhan), atau bahkan minyak esensial seperti minyak pohon teh atau lavender. 

Baca juga: Hati-Hati! Pemakaian Sabun yang Salah dan Perubahan Cuaca Bisa Menjadi Penyebab Kulit Kering, Simak Penjelasannya

Yang terpenting, ingatlah untuk merawat secara baik kulit Anda dan hindari produk keras yang hanya memperburuk situasi. Sebab bagaimanapun, Anda hanya memiliki satu wajah yang harus benar-benar kita jaga. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot