Asik! Pemerintah Siap Luncurkan Program Baru Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)

Firyal Nur Fadilah - Jumat, 26 November 2021, 11:00 WIB

Program Baru Jaminan Kehilangan PekerjaanProgram Baru Jaminan Kehilangan Pekerjaan/Instagram @kemnaker

FIXINDONESIA.COM- Asik! Pemerintah Siap Luncurkan Program Baru Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).  Pada akhir tahun 2021, Pemerintah akan meluncurkan program baru yaitu Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). 

Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) akan diluncurkan secara resmi pada bulan Februari 2022

“ Pemerintah akan meluncurkan JKP bulan Desember ini tahun 2021 dan akan ada soft launching bulan Januari 2022 diikuti dengan peluncuran resmi tahun 2022 bulan Februari” ungkap Direktur Kependudukan dan Jaminan Sosial Kementerian PPN/Bapennas, Muhammad Cholifihani dikutip 26 November 2021

Baca juga: Hore! Bansos diperpanjang hingga 2022, Berikut Cara Usul Penerima Bansos PKH!

Baca juga: Asyik! Pemerintah Keluarkan Bantuan BPUP untuk Pelaku Usaha, Bisa Daftar Online

Dilansir dari website resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia daan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PKM). JKP merupakan program tambahan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan. 

JKP merupakan jaminan sosial yang diberikan kepada pekerja/buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) berupa manfaat uang tunai, akses informasi pasar kerja dan pelatihan kerja. JKP bertujuan untuk membantu mengurangi beban penduduk usia produktif yang kehilangan pekerjaan terutama di masa pandemi COVID-19. 

Selain itu, tujuan lain dari JKP adalah untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat pekerja/buruh kehilangan pekerjaan. Pengusaha wajib mengikutsertakan pekerja/buruh sebagai peserta dalam program JKP

Editor: Firyal Nur Fadilah

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi