Asik! Museum Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari, Resmi Dibuka Untuk Umat Islam

Kintan Nurul Wahilda - Kamis, 11 November 2021, 15:30 WIB

Asik! Museum Pendiri NU KH. Hasyim Asy'ari, Resmi Dibuka Untuk Umat IslamAsik! Museum Pendiri NU KH. Hasyim Asy'ari, Resmi Dibuka Untuk Umat Islam/Twitter @tebuirengonline

FIXINDONESIA.COM- Asik! Museum Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari resmi dibuka untuk umat islam. Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy’ari (MINHA) resmi dibuka kembali Rabu, 10 November 2021. Museum ini terletak di Kompleks Pesantren Tebuireng Jombang. 

Dilansir dari akun Twitter Tebuireng @TebuirengMgz pada 11 November 2021, bahwa pembukaan museum ini merupakan rangkaian kegiatan 76 tahun resolusi jihad “Dari Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari.”

Baca juga: Kabar Duka! Innalillahi Cucu Pendiri NU KH. Abdul Hakam Meninggal Dunia

Baca juga: Sejarah Pesantren Tebuireng, Tempat Makam Gus Dur

Adapun dalam akun Instagram Tebuireng @tebuireng.online Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asyhari (MINHA) dibangun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi  pada tahun 2014. Pembangunan ini dilakukan atas usulan pengasuh Pesantren Tebuireng, KH. Salahudin Wahid (Gus Sholah).

Dikutip dari Tebuireng.online pada 11 November 2021 menurut pengasuh Pesantren Tebu Ireng, Kh. Abdul Hakim Mahfudz tujuan dari pembukaan museum ini adalah mengangkat resolusi jihad dan perjuangan umat islam serta meluruskan sejarah bangsa Indonesia serta dapat dijadikan untuk mengisi kemerdekaan. 

Baca juga: Keluarga Pesantren Tebuireng Angkat Suara Soal KH Hasyim Asy’ari Hilang dalam Kamus Sejarah Indonesia

Baca juga: Pendiri NU Hilang dari Sejarah Indonesia, Arifin Junaidi: Itu Upaya Menafikan Peran KH Hasyim Asy'ari

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi