Apakah Vaksin Zifivax Halal dan Aman? Simak Penjelasan MUI

Siti Resa Mutoharoh - Minggu, 10 Oktober 2021, 11:10 WIB

vaksin covidApakah Vaksin Zifivax Halal dan Aman? Simak Penjelasan MUI /FIXINDONESIA.COM

FIXINDONESIA.COM - Banyak masyarakat yang mempertanyakan apakah vaksin Zifivax halal dan aman menurut Majelis Ulama Indonesia

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan bahwa vaksin Zifivax halal. Keterangan vaksin Zifivax halal ini sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 53 Tahun 2021 tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Anhui China.

Ketua MUI Bidang Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh menyebut sebelum ditetapkan sebagai vaksin yang halal dan aman, vaksin Zifivax sudah melalui beberapa tahapan pemeriksaan.

Baca juga: Jadwal Vaksin Gratis di Bandung, Syarat dan Link Pendaftaran Tersedia di Sini

Baca juga: Daftar Vaksin di Jakarta Oktober 2021 Ada di 5 Tempat Ini Lengkap dengan Cara Pendaftarannya

"Secara internal dilakukan rapat tim auditor dan juga expert meeting. Setelah itu dirumuskan pada aspek teknis hasil dari pemeriksaan Tim Auditor LPOM MUI, disampaikan ke Pimpinan MUI melalui Komisi Fatwa," jelasnya. 

Asrorun mengungkapkan, tahapan-tahapan pemeriksaan yang dilakukan untuk menetapkan kehalalan vaksin Zifivax telah dilakukan pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan kujungan lapangan.

"Setelah perusahaan mengajukan permohonan sertifikasi dan fatwa MUI, maka sebagaimana mekanisme yang sudah ditetapkan di MUI, dokumen-dokumen untuk kepentingan pemfatwaan diversifikasi oleh tim dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan," tuturnya.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait