Apakah TV Digital harus Memakai Internet? Simak ini Jawaban KPI!

Siti Resa Mutoharoh - Minggu, 13 Juni 2021, 21:10 WIB

Ilustrasi TV.Ilustrasi Apakah TV Digital harus Memakai Internet? Simak ini Jawaban KPI! /PIXABAY/tookapic

FIXINDONESIA.COM - Komisioner KPI Pusat Hardly Stefano Fenelon Pariela, mengatakan, televisi digital bukan siaran televisi yang dapat diakses melalui internet atau streaming.

Menurut Hardly, penggunaan televisi digital ini, hanya menggunakan Set Top Box (STB). Tidak dapat menggunakan teknologi lainnya atau sambungan internet

Lebih lanjut Hardly menjelaskan, sebagaimana diketahui, untuk mengakses informasi dan hiburan melalui siaran streaming tidak gratis, masyarakat memerlukan pulsa atau paket data. Hal itu tentu berbeda dengan menonton siaran televisi digital. 

Baca juga: Ini Penyebab Proses Hukuman Ustaz Gondrong Pengganda Uang Ditangguhkan

"Walaupun sama-sama menggunakan teknologi digital, siaran televisi digital bukanlah siaran televisi melalui internet atau streaming," ujar Hardly Dikutip dari situs kpi.go.id. 

Jadi, bagi masyarakat bersiaplah menyambut era baru televisi digital. Siaran televisi lebih berkualitas yang disajikan oleh berbagai lembaga penyiaran di tanah air.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate mengatakan, dalam migrasi frekuensi analog akan digabungkan dengan spektrum frekuensi radio sebagai landasan penyiaran televisi digital di dalam negeri. Penggabungan dari dua sumber daya alam frekuensi itu disebut sebagai multipleksing (Mux).

Penggunaan ini, lanjutnya, akan membuat industri penyiaran televisi menjadi semakin efisien. Dengan infastruktur frekuensi yang besarnya terbatas, bisa dioptimalkan untuk menayangkan penyiaran televisi hingga puluhan program pada waktu yang bersamaan.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Indonesia.go.id | KPI

tags
Artikel Rekomendasi