Apakah Karyawan Sektor Informal Bisa Mendapatkan Bansos Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan?

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 5 Agustus 2021, 9:41 WIB

Bansos subsidi gaji BPJS ketenagakerjaanApakah Karyawan Sektor Informal Bisa Mendapatkan Bansos Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan?/Dok. Istimewa

FIXINDONESIA.COM - Apakah karyawan sektor informal bisa mendapatkan Bansos Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan? Simak berikut ini penjelasan syaratnya. 

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, syarat karyawan penerima Bansos Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan tahun ini adalah menerima gaji maksimal di atas Rp3,5 juta per bulan. Namun, terkecuali bagi beberapa daerah yang bisa mendapatkan bansos Bansos Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji di atas Rp3,5 juta per bulan.

Dikatakan Menaker Ida, pekerja yang bergaji di atas Rp3,5 juta bisa mendapatkan Bansos Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan apabila daerahnya memiliki Upah Minimum Provinsi (UMP) di atas Rp3,5 juta. 

Baca juga: Tidak Terdaftar sebagai Penerima Bansos Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan? Tenang, Ini yang Bisa Dilakukan Karyawan

Baca juga: Cara Cek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Via Whatsapp, SMS, Aplikasi dan Portal

Seperti, daerah yang memiliki UMP Rp4,5 juta maka karyawan nya tetap bisa mendapatkan bansos BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Namun dengan syarat bahwa gaji karyawan tersebut tidak melebihi atau di atas UMP nya.

"Untuk pekerja atau buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP lebih besar dari Rp 3,5 juta. Maka persyaratan gaji atau upah tersebut menjadi paling banyak sebesar UMP dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu rupiah penuh," kata Menaker Ida dalam konferensi virtualnya. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi