Apakah Boleh Olahraga Ketika Menstruasi? CATAT! Ini Penjelasan Ahli Kesehatan

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 10 Maret 2021, 3:20 WIB

Apakah Boleh Olahraga Ketika Menstruasi? CATAT! Ini Penjelasan Ahli KesehatanApakah Boleh Olahraga Ketika Menstruasi? CATAT! Ini Penjelasan Ahli Kesehatan/pixabay/RyanMcGuire

FIX INDONESIA.COM - Ketika sedang menstruasi, sebagian wanita kerap kali merasa lelah dan kurang enak badan. Lantas apakah boleh olahraga ketika menstruasi, agar tubuh terasa lebih segar? Berikut ini penjelasannya menurut Ahli kesehatan. 

Ahli kesehatan menyebutkan bahwa berolahraga saat menstruasi dapat memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh. 

Meskipun mungkin tampak seperti hal yang berlawanan dengan intuisi untuk dilakukan, tetapi berolahraga saat menstruasi dapat membantu meredakan gejala seperti nyeri, kram, kembung, perubahan suasana hati, mudah tersinggung, kelelahan, dan mual.  

Baca juga: Cara Mencegah Bau Mulut saat Berpusa, Nomor 2 Sering Disepelekan

Selain itu, berolahraga ketika menstruasi bermanfaat untuk kebugaran fisik secara umum dan dapat membantu mengurangi risiko dan timbulnya berbagai masalah medis dan kesehatan seperti serangan jantung, stroke, artritis, osteoporosis, diabetes, dan sebagainya. 

Berolahraga selama menstruasi bermanfaat, karena memengaruhi kadar hormon dan membantu mengelola gejala menstruasi. Saat tubuh Anda bergerak (saat berolahraga), ia menghasilkan endorfin, yang bertindak sebagai pereda nyeri alami. Namun, perlu diingat untuk tidak memaksakan diri jika aliran darah Anda deras dan mengalami kram yang menyakitkan.

Manfaat olahraga ketika menstruasi:

- Membantu meningkatkan suasana hati dengan memanfaatkan endorfin Anda dan mencegah terjadinya perubahan suasana hati yang konstan

- Membantu meredakan rasa lelah dan sakit kepala

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi

terkait