Apakah 30 Menit Bersepeda Dapat Menurunkan Berat Badan? Lihat Pendapat Para Ahli

Inggit Anjani Eka Putri | Rinda Suherlina - Jumat, 19 November 2021, 17:00 WIB

Apakah 30 menit bersepeda efektif untuk menurunkan berat badan? Lihat pendapat para ahli sebagai berikut!Apakah 30 menit bersepeda efektif untuk menurunkan berat badan? Lihat pendapat para ahli sebagai berikut!/Instagram Club.bikebike

FIXINDONESIA.COM- Apakah 30 menit bersepeda efektif untuk menurunkan berat badan? Lihat pendapat para ahli sebagai berikut!

Ada begitu banyak alasan untuk menyukai bersepeda. Kamu dapat melakukannya di dalam ruangan atau di luar ruangan, di rumah atau di gym.

Dilansir dari POPSUGAR, menurut para ahli untuk mengetahui apakah bersepeda bahkan selama 30 menit sehari sudah cukup untuk menurunkan berat badan dan membuat Kamu merasa lebih kuat dan lebih sehat.

Bisakah Kamu Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda Selama 30 Menit Sehari?

Baca juga: Apa Itu Boccia? Cabang Olahraga Paralimpiade Tokyo 2020 yang Tidak Diikuti Tim Indonesia

Baca juga: Pentas Olahraga Terbesar di Indonesia PON XX Papua 2021 Telah Resmi Ditutup

" ia mungkin untuk menurunkan berat badan dari bersepeda 30 menit sehari," tutur Jennifer Chew, MPT, MSc, pelatih pribadi bersertifikat NASM dan spesialis penurunan berat badan, mengatakan, dilansir dari POPSUGAR.

Tiga puluh menit bersepeda rata-rata membakar 200 kalori, meskipun jumlah itu tergantung pada beberapa faktor, termasuk berat badan Kamu, intensitas latihan, dan resistensi, jelas Chew.

Jika kamu ingin membakar jumlah kalori maksimum yang kamu bisa dalam 30 menit itu, ada beberapa cara untuk mewujudkannya.

Yang pertama,tingkatkan resistensi kamu. "Cara termudah pasti meningkatkan resistensi," kata Chew.

"Cardio itu seperti latihan ketahanan. Kamu perlu menggunakan prinsip kelebihan beban progresif untuk menjadi lebih baik dan menghindari dataran tinggi." ujar June Sayer, seorang pelatih pribadi bersertifikat ACE dan instruktur kebugaran kelompok.

Baca juga: Manfaat Bersepeda dan Trik Olahraga Berkualitas

Baca juga: Gais, Ini Loh Pilihan Olahraga untuk Masyarakat Kota

Kedua, tambahkan interval pendek dengan intensitas tinggi. "Saat tubuh  kamu semakin kuat kamu dapat meningkatkan intensitasnya, dengan campuran interval putaran pendek," jelas Sayer.

Coba tambahkan sprint singkat ke latihan Anda, atau bahkan interval bersepeda dengan irama rendah dan resistensi tinggi. Sementara penurunan berat badan dimungkinkan saat bersepeda 30 menit sehari, Sayer dan Chew menekankan pentingnya menggabungkan latihan kekuatan dan membuat perubahan gaya hidup lainnya untuk memastikan kamu membuat kemajuan pada tujuan kamu..

"Ketika kamu memasangkan rejimen latihan kekuatan dengan aktivitas kardiovaskular, (seperti berseped)], komposisi tubuh kamu akan berubah secara signifikan dengan meningkatkan pembakaran kalori dan massa otot," Krystal Goodman, pelatih dan pelatih pribadi bersertifikat NCSF di Orangetheory mengatakan.

Goodman menjelaskan bahwa kombinasi meningkatkan detak jantung kamu melalui bersepeda dan menambahkan komponen latihan kekuatan itu akan "memberi  kamu hasil yang nyata" dalam hal pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Chew setuju, mencatat bahwa peningkatan massa otot "mempromosikan metabolisme yang lebih baik," yang pada akhirnya memungkinkan tubuh kamu menurunkan berat badan secara lebih berkelanjutan.

Kombinasi latihan kardio dan kekuatan, dipasangkan dengan diet sehat, akan membantu kamu mendapatkan hasil.

Tetapi diet adalah kuncinya: "Pada akhirnya, poin terpenting untuk menurunkan berat badan adalah asupan kalori harian versus pengeluaran kalori harian," kata Chew. "Jika Anda terus-menerus makan lebih sedikit kalori daripada yang kamu bakar,  kamu akan kehilangan berat badan."***

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi