Apa Syarat Pendaftaran PPPK 2021 Bagi Guru Honorer? Siapkan Dokumen Ini Agar Lolos Seleksi

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 9 Maret 2021, 19:20 WIB

PPPK Guru Honorer 2021Apa Syarat Pendaftaran PPPK 2021 Bagi Guru Honorer? Siapkan Dokumen Ini Agar Lolos Seleksi/FIXINDONESIA.COM/pixabay/Alexas

FIXINDONESIA.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Penjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2021. Sebelum mendaftar, alangkah baiknya para guru honorer mengetahui apa saja syarat atau dokumen yang harus dipersiapkan. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan, pendaftaran PPPK 2021 bertujuan untuk menyediakan kesempatan adil untuk para guru honorer yang berkompeten agar mendapatkan penghasilan layak.

“Rencana seleksi ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta didik adalah melalui peningkatan ketersediaan guru ASN dengan melakukan seleksi guru PPPK,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, sebagaimana dilansir FIX INDONESIA dari laman resmi Kemendikbud. 

Baca juga: Pemerintah Cairkan BPNT 2021 Rp200 Ribu pada Februari, Inilah Kriteria Penerima dan Cara Pencairannya

Nadiem juga mengungkapkan, bahwa nantinya pegawai PPPK dan PNS akan menerima jumlah gaji yang sama alias setara. Artinya, uang yang diterima tiap bulannya pun akan sama. 

“Gaji dan tunjangan PPPK sama dengan PNS. Uang yang diterima tiap bulan itu akan sama, semoga tidak lagi ada mispersepsi,” tegasnya saat berdiskusi dengan warga sekolah di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Sorong, Papua Barat, Februari 2021 sebagaimana dilansir FIX INDONESIA dari laman resmi Setkab.  

Adapun syarat yang harus pendaftar penuhi agar lolos PPPK 2021 bagi guru honorer di antaranya: 

1. Pendaftar merupakan guru honorer di sekolah negeri atau swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori 2 yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS.

Baca juga: Hati-Hati! Pemakaian Sabun yang Salah dan Perubahan Cuaca Bisa Menjadi Penyebab Kulit Kering, Simak Penjelasannya

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot
terkait