Apa Itu Toware? Hasil Kreatifitas Para Perempuan Papua Utara

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 15 Oktober 2021, 17:20 WIB

Apa Itu Toware? Hasil Kreatifitas Para Perempuan Papua UtaraApa Itu Toware? Hasil Kreatifitas Para Perempuan Papua Utara/Wiki Commons

FIXINDONESIA.COM - Apa itu Toware? buah karya hasil para perempuan asal Papua daerah utara yang harus mendunia. 

Toware merupakan nama lain dari tas atau noken yang terbuat dari beberapa bahan lokal. Seperti, gintu, rumput rawa,pandan rawa, akar rumput, kulit dahan anggrek, kulit kayu dan ada juga yang menggunakan bulu burung kasuari.

Pewarna yang digunakan untuk Toware ini biasanya berbahan dasar alami dan bisa ditemukan di sekitar Sota, Kabupaten Merauke, Papua

Baca juga: Mengenal Pakaian Adat Pepadun yang Dikenakan Jokowi saat Pimpin Upacara HUT ke 76 RI

Pewarna hitam berasal dari campuran berbahan baku lumpur hitam. Bahan baku itu diambil dari Rawa Biru, yang berjarak sekitar 50 kilometer dari Kampung Sota. Demikian juga pewarna merah, diambil dari akar tertentu yang memunculkan warna merah.

Ketua kelompok anyaman Perempuan Kanum, Mama Norce Mahuse menyebutkan, untuk mengerjakan Toware dibutuhkan waktu 2 sampai 3 hari, tergantung besar kecil tas anyam tersebut.

Mama Norce dan kawan-kawan yang didampingi relawan pendampingan, Adi Muslimin atau akrab dipanggil Jojo, mengaku kegiatan menganyam Toware banyak mendatangkan keuntungan. 

Menurutnya, selain menjadi tempat sosialisasi, kegiatan membuat Toware juga bisa menambah penghasilan untuk membeli buku anak-anak sekolah.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Indonesia.go.id

tags
Artikel Rekomendasi
terkait