Apa itu Gangguan Bipolar? Simak, Ini Penjelasan Lengkap dengan Gejalanya

Siti Resa Mutoharoh - Minggu, 4 April 2021, 11:10 WIB

BipolarApa itu Gangguan Bipolar? Simak, Ini Penjelasan Lengkap dengan Gejalanya /Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Gangguan bipolar adalah penyakit mental yang ditandai dengan perubahan mood yang ekstrim. Gejala dapat berupa suasana hati yang sangat tinggi yang disebut mania.

Orang dengan gangguan bipolar mungkin mengalami kesulitan mengelola tugas kehidupan sehari-hari di sekolah atau tempat kerja, atau menjaga hubungan. Tidak ada obatnya, tetapi ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia yang dapat membantu mengelola gejalanya.

Fakta gangguan bipolar

Baca juga: Bipolar Disorder dan Skizofrenia: Apa Perbedaannya?

Gangguan bipolar bukanlah kelainan otak yang langka. Faktanya, 2,8 persen orang dewasa AS atau sekitar 5 juta orang telah didiagnosis dengan mengidap Bipolar. Usia rata-rata penderita bipolar mulai menunjukkan gejala adalah 25 tahun.

Depresi yang disebabkan oleh gangguan bipolar berlangsung setidaknya dua minggu. Episode tinggi (manik) dapat berlangsung selama beberapa hari atau minggu. 

Beberapa orang akan mengalami episode perubahan suasana hati beberapa kali dalam setahun, sementara yang lain mungkin jarang mengalaminya. Inilah yang dirasakan mengalami gangguan bipolar bagi sebagian orang.

Gejala gangguan bipolar pada wanita

Baca juga: 9 Khasiat Durian bagi Kesehatan, Tingkatkan Sistem Pencernaan hingga Atasi Insomnia

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Healtline

tags
Artikel Rekomendasi

terpopuler
sorot