Antisipasi Banjir, DPU Kota Bandung Lakukan Pengerukan Sungai di 10 Titik

Agus Satia Negara - Selasa, 23 Maret 2021, 13:28 WIB

Ilustrasi: Banjir akibat luapan sungai di Kota BandungIlustrasi: Banjir akibat luapan sungai di Kota Bandung/Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung akan tengah melakukan pengerukan sungai di beberapa titik yang sering terjadi banjir.

Hal tersebut dilakukan mengingat saat ini tengah memasuki musim penghujan.

Kepala DPU Kota Bandung Didi Ruswandi menyebut, ada 10 titik sungai yang berada di Kota Bandung sering menyebabkan banjir atau genangan saat hujan turun, seperti Gedebage, Cibaduyut dan Pasteur.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu, wilayah-wilayah tersebut saat ini sudah tidak mengalami banjir yang parah," katanya saat ditemui FIXINDONESIA.COM di Balaikota Bandung, Selasa 23 Maret 2021.

Didi menjelaskan, sungai-sungai yang mengalami sedimentasi saat ini tengah dilakukan pengerukan oleh BBWS guna mengantisipasi terjadinya banjir.

Baca juga: Indonesia Didepak dari All England 2021, Greysia Polii: Tantangan untuk Berprestasi di Olimpiade Tokyo 2021

Baca juga: Lulusan SMA Bisa Mengikuti CPNS di Kemenkum HAM, Segini Besaran Gaji yang Didapat

"Sebetulnya Kota Bandung terbantu dengan adanya pengerjaan Curug jompong dan kolam retensi di Baleendah. Pasalnya, jika wilayah Baleendah tidak banjir, maka di wilayah Gedebage juga ikut terbantu," jelasnya.

Didi menambahkan, pengerukan sungai yang saat ini sudah dilakukan diperkirakan sepanjang 17 kilometer. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Editor: Agus Satia Negara

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi

terkait