Ancaman Lemak Jahat di Balik Lezatnya Nasi Padang

Firda Rachmawati - Sabtu, 29 Mei 2021, 21:32 WIB

Nasi padangNasi padang/Wiki Commons

FIXINDONESIA.COM - Siapa yang tak kenal dengan nasi padang? tentunya sebagian besar orang Indonesia menyukai makanan khas Provinsi Sumatra Barat ini.

Dalam satu porsi nasi padang biasanya terdapat lauk pauk seperti rendang atau ayam balado.

Tak ketinggalan pula, sambal hijau, daun singkong dan siraman dari kuah gulai menambah kelezatan nasi padang.

Baca juga: 6 Vitamin dan Suplemen Terbaik untuk Memerangi Stres

Akan tetapi, di balik kelezatan nasi padang, ada ancaman lemak jahat yang bisa mengintai Anda jika tak bijak dalam mengonsumsinya.

Menurut pemerhati kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Karin Wiradarma, ada beberapa potensi penyakit yang mengintai. 

Pertama, kata Karin, jika berlebihan mengonsumsi nasi padang terutama lauk-lauk berlemaknya, maka tentu saja akan membuat jarum angka pada alat timbang akan condong bergeser ke kanan alias membuat berat badan naik.

Selain itu, pedasnya beberapa jenis lauk nasi padang berpotensi membuat penyantapnya menjadi diare akibat iritasi pada lambung sehingga meningkatkan asam lambung. Rasa asin karena hadirnya garam pada sejumlah lauk nasi padang ikut menyumbang potensi risiko hipertensi atau darah tinggi dan menjadi gerbang bagi risiko penyakit lainnya seperti jantung, ginjal, dan stroke.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Indonesia.go.id

tags
Artikel Rekomendasi